Home / Update / Nasional / Keliling Stasiun, Pramuka Sebarkan Perdamaian di Kereta Api

Keliling Stasiun, Pramuka Sebarkan Perdamaian di Kereta Api

PRAMUKA.OR.ID – Gerakan Pramuka yang dimotori Kak Jaenal Mutakin kembali mengadakan kegiatan Scout Journey for Peace (SJFP) Batch II 2018. SJFP merupakan salah satu project

Messengers of Peace (MoP) di Jawa Barat yang mengemban tugas menyebarkan pesan perdamaian kepada penumpang kereta api.

Kak Jaenal mengatakan, ada 20 Pramuka yang terseleksi untuk ikut dalam kegiatan ini. Program SJFP sendiri akan disebar di enam titik. Yakni, dari Stasiun Bekasi-Cirebon, Cianjur-Bogor, Cirebon-Solo, Bandung-Tasikmalaya, serta dua edisi spesial, yakni Banten-Lampung dan Cirebon-Surabaya-Bali. Untuk tahap pertama akan dimulai dari Stasiun Bekasi-Cirebon.

“Alhamdulillah program MoP melalui SJFP ini kembali kita adakan. Semangatnya adalah terus menyebarluaskan pesan perdamaian kepada masyarakat yang dipusatkan di stasiun dan kereta api. Ada enam titik yang sudah kita petakan, untuk pertama kita mulai dari Bekasi-Cirebon pada Sabtu tanggal 28 ini,” ujar Kak Jaenal saat dikonfirmasi, Sabtu (28/7/2018).

Kak Jaenal mengungkapkan, ada tiga kegiatan utama yang dilakukan adik-adik Pramuka. Pertama, Dialog for Peace (mengajak berdiskusi penumpang kereta api tentang arti pentingnya menjaga perdamaian). Kedua, Scout Expedition (mengunjungi tempat bersejarah dan tempat wisata dan tinggal di rumah bersama warga atau homestay).

Ketiga, Social Service Scout yaitu memberikan pelayanan sosial kepada penumpang kereta api, seperti membantu membawakan koper atau tas, memberikan minuman gratis kepada penumpang, mendongeng untuk anak kecil, memberikan origami, membantu mengarahkan penumpang ke tempat duduknya, bermain board game for peace di stasiun, donasi buku, mengecat sekolah atau mushola yang ada di sekitar stasiun dan lain-lain.

“Yang berbeda tahun ini yaitu banyak dukungan daru berbagai pihak salah satunya Peace Generation Indonesia yang memberikan bantuan board game for peace dan buku seri nilai dasar perdamaian untuk anak-anak yang di dalamnya terkandung 12 nilai perdamaian,” tuturnya.

Program ini akan berlangsung sampai Desember 2018, ia bersyukur pihak PT Kereta Api mendukung penuh kegiatan ini. Bahkan sampai memberikan sovenir kepada para peserta dan penumpang kereta api. Program ini pernah mendapatkan penghargaan dari Raja Swedia dan Raja Saudi Arabia pada tahun 2016, dan Kak Jaenal mendapat MoP Hero Award 2016 serta diberi kesempatan melakukan ibadah haji 2017 lalu. (HA/AK)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *