Home / Update / Cabang / Pramuka Peduli Kab. Tasikmalaya Bantu Warga Terdampak Bencana Banjir dan Longsor

Pramuka Peduli Kab. Tasikmalaya Bantu Warga Terdampak Bencana Banjir dan Longsor

Pramuka Jabar – Pramuka Jawa Barat kembali terpanggil oleh bencana alam, banjir dan longsor yang melanda Tasikmalaya bagian selatan 6 November lalu.  Bencana tersebut mengakibatkan 5 orang tewas dan ratusan rumah warga di Kecamatan Cipatujah, Karangnunggal dan Culamega mengalami kerusakan dan terendam lumpur.

Pramuka Peduli Kwarcab Kab. Tasikmalaya yang dipimpin oleh Kak Wawan Darwan bersama para Penegak lainnya hari ini melalukan giat pembersihan rumah warga dari lumpur sisa terendam air sungai Pasanggrahan di Kampung  Jepara, Desa Ciandum.

Dengan kekuatan 30 Anggota Pramuka, mereka membersihkan rumah-rumah yang berada di dekat aliran sungai dengan tinggi rendaman sampai 1,35 meter. Dikarenakan lokasi berada di seberang sungai, semenrata jembatan pengubungnya hancur diterjang bandang, maka jalan yang dipakai adalah jalur air dengan bantuan tim SAR BPBD Kabupaten Tasikmalaya dan BASARNAS Kabupaten Tasikmalaya.

Salah satu Penegak, Gilang Nursalam Anggota DKC Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, “Kami ikut serta dalam kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian kami kepada warga Cipatujah sebisa mungkin yang kami lakukan untuk meringankan beban mereka dengan tenaga yang kami miliki dengan membersihkan sisa lumpur di rumah warga semoga bermanfaat,” tuturnya.

Sebagian warga yang terdampak bencana ditampung seadanya di tenda-tenda. Mereka sangat membutuhkan bantuan seperti pakaian, sembako, seragam Sekolah SD, SMP, SMA dan Alat tulis. (Pubdokinfo Pramuka Jabar/ Yana).-

About Adi Raksanagara

Check Also

Perkemahan Pramuka Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kwarcab Kab. Tasikmalaya..

Pramuka Jabar. Sebanyak 300 peserta mengikuti Perkemahan Pramuka Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kwarcab Kab. Tasikmalaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *