Home / Update / Daerah / Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Pramuka Jabar – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019.

“Sesuai buku saku yang kita bagikan, para pemantau memang harus menunjukkan sikap kerelawanan,” ujar Adang Durahman, ketua Pemantau Pramuka Saka Adhyasta Pemilu Jabar.

Pramuka Saka Adhyasta terdaftar sebagai Lembaga Pemantau dengan jumlah 1.657 anggota di 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Tidak hanya itu, Pramuka Jabar juga aktif membantu kelancaran proses pemilihan dengan membantu para disabilitas, orang tua bahkan mendampingi kunjungan petugas TPS ke rumah-rumah pemilih yang sedang sakit. Semua demi terjaminnya hak pilih warga.

Sejak TPS dibuka pukul 07.00 WIB, Pramuka langsung beraksi. Ada yang ikut mengantar jompo berangkat ke TPS. Ada yang jadi juru penerang. Menjelaskan daftar caleg. Juga jumlah partai serta lima jenis surat suara. “Ini pertama kalinya Pramuka terlibat aktif dalam hajat demokrasi bangsa,” tegas Adang.

Pramuka terpanggil karena Satya dan Darma. Rela menolong dan tabah. Itulah sesanti hidup Pramuka. Ikut serta membangun masyarakat. Itu janjinya. Kerelawanan jadi jalan hidup. Demi segala sesuatu yang hidup.

“Aksi Pramuka Jabar saat jadi Pemantau Pemilu akan jadi laporan resmi ke Kwarnas Gerakan Pramuka dan Ba

waslu RI,” pungkas Kak Adang. (Pubdokinfo Pramuka Jabar).

About Adi Raksanagara

Check Also

Ka Mabida Jabar, Pramuka Harus Bebas Dari Aliran Berbau Radikal

Pramuka Jabar – Pelantikan Gubernur Jawa Barat, Kak Ridwan Kamil sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *