Home / Update / Cabang / Pramuka Saka Pariwisata Kab. Tasikmalaya Jadi Duta Pariwisata

Pramuka Saka Pariwisata Kab. Tasikmalaya Jadi Duta Pariwisata

Pramuka Jabar – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Tasikmalaya menggelar kegiatan “Pelatihan dan Pendidikan Duta Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2019”  yang diselenggarakan pada 2-4 Juli lalu di City Hotel Tasikmalaya. Kegiatan yang bertemakan “Wisata Budaya” tersebut diikuti 40 pemuda-pemudi terbaik dari berbagai kalangan, seperti perwakilan Mojang Jajaka Sukapura, Anggota KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Komunitas AMAZING Tasikmalaya, MTMA Tasikmalaya, Purna Paskibra Indonesia Kabupaten Tasikmalaya, ANCRUB (Anak Curug Club), KOMPEPAR dan tentu saja Satuan Karya (Saka) Pramuka Pariwisata Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta mendapat pembekalan materi tentang  kebijakan pengembangan potensi pariwisata , peran dan fungsi budaya dalam pengembangan pariwisata, public speaking bagi duta pariwisata, peningkatan SDM Kepariwisataan, Ekonomi Kreatif dan kebudayaan yang disampaikan oleh narsumber profesional dalam bidangnya. Selain pembekalan materi peserta juga berkunjung ke salah satu wisata andalan di Kabupaten Tasikmalaya yaitu Kampung Naga.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Asep Saeful Bachri, M.Si. mengatakan,  Pelatihan dan Pendidikian Duta Pariwisata ini meningkatkan wawasan keterampialn dan pengetahuan tentang kepariwisataan seiring kemajuan global yang “Sugih Ku Pangarti Jembar Ku pangabisa.”

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Drs. H. Iin Aminudin, M.Si. mengatakan, para Duta Pariwisata ini menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya dan tersebar di 39 kecamatan secara berkelanjutan. Pesannya,  agar para Duta Pariwisata mempunyai sikap “Soméah Hadé Ka Sémah” karena para Duta Pariwisata ini akan menjadi Ikon Pariwisata di Kabupaten Tasikamalaya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya membuka acara secara resmi acara tersebut yang dilanjutkan dengan pemasangan selempang dan penobatan Duta Pariwisata kepada seluruh peserta Diklat termasuk dari Satuan Karya Pramuka Pariwisata yang diwakili oleh Syahwal Pramudia dan Yesi Sribandari sebagai peserta pelatihan tersebut.

SAKA Pariwisata Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya turut andil dan berepran dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, dengan luas 270.881 Ha dan  didalamnya tersebar potensi wisata yang harus dikembangkan. Maka Penobatan Duta pariwisata dari Satuan Karya Pramuka Sangatlah tepat. Sempat pula disinggung oleh Sekretasis Daerah beliau menyampaikan, “pembangunan pariwisata tidak akan berhasil jika dilakukan oleh pemerintah saja, maka dari itu harus bersama sama didukung dan didorong oleh semua pihak termasuk dari Pramuka”, ujarnya.

Mengingat potensi Gerakan Pramuka melalui Saka Pariwisata ini yang memiliki basis anggota yang cukup besar dan tersebar di seluruh daerah mampu memberikan kontribusi besar dalam pengembangan pariwisata khususnya di Kabupaten Tasikmalaya.

Dengan adanya   Duta  Pariwisata dari  kalangan Pramuka  ini dapat menyebarkan wawasan dan tentang kepariwistaan kepada anggota Gerakan Pramuka yang lainnya.  Selain itu juga Duta Pariwisata mampu mengenalkan potensi wisata atau wisata andalan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya dalam setiap event atau kegiatan kegiatan kepramukaan di tingkat Ranting sampai ke Nasional bahkan Internasional.  (Pramuka Jabar/Syahwal Pramudia).-

About Adi Raksanagara

Check Also

Jambore Pramuka Karawang 2018 Membangun “Semarak”

Pramuka Jabar – Sebanyak 1.670 Pramuka Penggalang Putra/Putri mengikuti Jambore Pramuka Karawang 2018 tengah berlangsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *