Home / Update / Daerah / Lagi, Pramuka Jabar Pecahkan Rekor di Peringatan Hari-Pramuka Ke-58

Lagi, Pramuka Jabar Pecahkan Rekor di Peringatan Hari-Pramuka Ke-58

Pramuka Jabar – Pramuka Jabar mengukir sejarah baru dalam Peringatan Hari-Pramuka Ke-58 Tingkat Jawa Barat di Stadion Pakansari, Kabupate Bogor Kamis 22 Agustus lalu. Lebih dari 40 ribu Pramuka dari Jawa Barat memadati stadion kebanggan Kab. Bogor ini.

Serangkaian giat Peringatan Hari Pramuka tingkat Provinsi Jawa Barat diawali Apel Besar yang dipimpin oleh Ketua Kwarda Jawa Barat Kak Dede Yusuf M. Effendy. Hadir pula Ketua Mabicab Kabupaten Bogor Kak Ade Munawaroh Yasin, Wakil Mabicab Kabupaten Bogor Iwan Setiawan dan seluruh unsur Forkopimda, Kwarcab se-Jawa Barat serta Tamu Undangan.

“Selamat datang di Kabupaten Bogor,” sambut  Ka Mabicab Kabupaten Bogor, yang juga kerap dipanggil Kak Ade Yasin. “Kami senang menyambut seluruh Pramuka dari Jawa Barat, kami berharap dengan adanya kegiatan ini akan memberikan perubahan dan bukan hanya seremonial,” lanjutnya.

Kak Ade mengatakan,  kedepannya Kab. Bogor akan melaksanakan program setiap tanggal 14 di setiap bulan ASN, Kepala Desa, Perangkat Desa, Kepala Sekolah untuk wajib menggunakan Seragam Pramuka. “Hal ini kan untuk  menguatkan peran Pramuka dari Desa,” katanya.

Dalam peringatan tersebut digelar Pertunjukan Pramuka Kwarda Jabar Katara, Karasa, Karampa dengan serangkaian acara pemecahan Rekor Muri Kolone Tongkat terbanyak yang melibatkan kurang lebih 17.000 Pramuka, Aksi Terjun Payung,  Unjuk Gelar, Penyerahan Pataka Saka Taruna Pragiwaka dari Ka. Kwarda kepada Mabi Saka (Kepala BBPOM) sebagai tanda Peluncuran Saka Taruna Pragiwaka, serta Penyematan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka & Pramuka Award.

Ketua Mabida Jawa Barat Ridwan Kamil yang hadir dengan menggunakan helikopter disambut riuh. Dan ketika menyapa salam Pramuka, gemuruh seisi stadion kembali terdengar.

Dalam sambutannya Ka Mabida yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan, “Beragam Inovasi telah dilakukan oleh Kak Dede beserta jajarannya dalam menjalankan kegiatan kepramukaan, maka Pramuka Jawa Barat harus unggul, harus menjadi pelopor dalam perubahan. Jadilah Pramuka yang mandiri, kreatif dan inovatif. Insya Allah anggaran Gerakan Pramuka tiap tahun akan ditingkatkan untuk menjaga kualitas pembinaan.”

Selaras dengan apa yang disampaikan Ketua Mabida Jawa Barat, Kak Dede Yusuf menyambut tantangan Pramuka Jawa Barat kdi masa depan dengan yang diistilahkan “Tiga Unggul.”

“Pertama, siap membangun manusia unggul dan berinovasi dengan berbasis scouting skill, kedua unggul sebagai insan yang berkepribadian luhur dalam kemandirian hidup, dalam kreativitas karya dan kerja, ketiga siap sedia menjadi Patriot Pramuka Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI!” kata Kak Dede, semangat.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian dan penyemangat tanda Penghargaan dan Scout Award yang diberikan oleh Ketua Mabida Jawa Barat, dan ditutup oleh penampilan artis Judika yang disambut riuh para Pramuka yang hadir di Stadion Pakansari. (Pubdokinfo Pramuka Jabar-Pramuka Pewarta Jabar).-

 

About Adi Raksanagara

Check Also

Pioneering Fest Pramuka Jabar 2019 Akan Digelar Di Bandung

Pramuka Jabar – Festival Rancang Bangun Pioneering Jawa Barat 2019 akan digelar 2 November mendatang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *